Jumat, 22 April 2016

Tips Mengatasi Kendala Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Nggaha Ori Angu



Tips Mengatasi Kendala Belajar Bahasa Inggris
Bagi Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Nggaha Ori Angu
Oleh:
Enos K. Ndaha Nggongu, S.Pd
Smarapradhipa (2005) menyatakan bahwa Bahasa adalan alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Dengan demikian bahasa merupakan alat komunikasi yang dipakai manusia dalam berinteraksi dengan orang lain. Ada berbagai macam bahasa di dunia, diantarana Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Cina, Bahasa Jepang, dll. Bahkan untuk Indonesia, hampir setiap syukur memiliki bahasanya masing-masing, diantarana Bahasa Sunda, Bahasa Melayu, Bahasa Sumba, Bahasa Kupang, Bahasa Jawa dll. Bahasa Inggris contoh merupakan bahasa global/bahasa Internasional saat ini. Sama seperti Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa pengantar yang mempersatukan seluruh masyarakat Indonesia, demikian pula Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dikuasai oleh setiap orang yang ingin berkomunikasi dengan orang luar negaranya.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka Bahasa Inggris sudah menjadi salah satu Mata Pelajaran wajib yang harus dipelajari di setiap tingkat pendidikan di Indonesia, khususnya SMP dan SMA. Bahkan Bahasa Inggris sudah merupakan salah satu Mata Pelajaran Prasyarat kelulusan bagi siswa-siswa SMA jika ingin lulus.
Kendati demikian, karena bahasa Inggis merupakan bahasa Asing, maka siswa-siswi di sekolah banyak mengalami kendala dalam belajar bahasa Inggis. Terutama dalam menguasai kosa kata dan membentuknya dalam kalimat.
Demikian pula siswa-siswi SMA Negeri 1 Nggaha Ori Angu, sebagai salah satu sekolah di Kabupaten Sumba Timur, banyak mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Hal ini pula sangat menyulitkan guru-guru Bahasa Inggris dalam memberikan pelajaran ini. Sulitnya siswa-siswi menguasai kosa kata dan menyusunnya dalam kalimat merupakan kendala utama dalam mengikuti pelajaran ini.
Kesulitan ini pulalah yang membuat guru-guru bahasa Inggris di SMA N 1 Nggaha Ori Angu untuk mencoba berbagai cara agar membuat siswa-siswanya dapat memahami kosa kata dalam bahasa Inggris, bahkan bisa lancar dalam berkomunikasi. Berikut ini beberapa cara yang dipakai oleh guru-guru bahasa Inggris di SMA N 1 Nggaha Ori Angu:
1.       Suka dan Mencintai Bahasa Inggris.
Hal paling pertama adalah menyukai dan mencintai Mata Pelajaran Bahasa Inggris tersebut. Siswa akan mengalami berbagai kendalam dalam belajar bahasa Inggris jika diawali dengan ketidaksukaan akan pelajaran ini. Ini pula lah yang terjadi di SMA N 1 Nggaha Ori Angu. Hampir kebanyakan siswa tidak menyukai Pelajaran ini dan ditambah lagi dengan ketidaksukaan kepada guru yang mengajarkan pelajaran ini. Hal lain pula adalah siswa-siswi belum mengetahui apa pentingnya belajar Bahasa Inggris. Sehingga solusi yang dipakai oleh para guru adalah membuat Pelajaran Bahasa Inggris dapat disukai dalam kelas, contohnya membuat pelajaran itu lebih menyenangkan bagi mereka melalui permainan yang melatih siswa-siswi bisa mengingat kosa kota baru.  
2.       Baca tulisan Bahasa Inggris
Seperti kita ketahui bahwa Bahasa terdiri dari dua bentuk, yaitu dalam bentuk Tulisan (Written: reading and writing) dan dalam bentuk Lisan (Oral: listening and speaking). Oleh karena itu, cara mudah mempelajari bahasa Inggris berikutnya adalah dalam bentuk tulisan (Written). Dalam bagian ini, siswa harus ranjin membaca berbagai tulisan dalam bahasa Inggris. Hal ini akan memudahkan mereka dalam memahami berbagai kosa kata baru serta penggunaanya dalam kalimat yang tepat. Ketika siswa-siswi menemukan berbagai kosa kata di dalamnya, dengan sendirinya mereka akan menemukan artinya dalam kamus atau dapat bertanya langsung kepada guru pengasuh mata pelajaran tersebut.
Namun membangkitkan minat baca siswa-siswi pun tidak gampang. Sehingga dalam hal ini, para guru pengasuh harus dapat menemukan langkah-langkah yang tepat agar siswa-siswi tersebut senang membaca tulisan dalam bentuk bahasa inggris. Diantaranya menghadirkan cerita-cerita dongeng sampai cerita-cerita lucu dalam bentuk bahasa Inggris yang dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi mereka, sehingga disamping mereka belajar akan kosa kata baru, mereka juga tehibur.  
3.       Menggunakan Bahasa Inggris ketika berbicara dengan teman atau guru di lingkungan sekolah
Selain dalam bentuk tulisan atau bacaan, hal yang penting lainnya adalah bahawa bahasa itu harus dipakai dalam percakapan sehari-hari. Ini adalah cara yang mudah bagi siswa-siswi untuk mengingat setiap kosa kata baru dengan cara dipakai dalam pembicaraan sehari-hari. Sehingga langkah yang sering dipakai oleh guru-guru pengasuh Mata Pelajaran ini adalah dengan menyuruh siswa-siswa menggunakan bahasa Inggris ketika bebicaran dengan teman, dan lebih lagi ketika berbicara dengan guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Sebagai contoh ketika siswa mau meminjam buku atau bolpoint pada temannya harus menggunakan ungkapan dalam bahasa Inggris. Contoh lain adalah ketika siswa membutuhkan sesuatu atau ada hal yang ditanyakan kepada guru bahasa Inggris maka harus menggunakan bahasa Inggris.
4.       Membuat Catatan
Cara lain agar dapat mengingat kosa kata dalam bahasa Inggris adalah dengan cara membuat catatan-catatan kecil atau daftar kosa kata baru dalam buku catatan. Setelah membuat catatan-catatan tersebut, kemudian ditempelkan di dinding-dinding kamar. Selain itu juga bisa menuliskan nama-nama barang dalam bahasa Inggris di secarik kertas dan ditempelkan disetiap barang yang ada dalam sekitar rumah. Siswa dapat memulai menghafal 5 – 10 kata setiap hari. Kemudian di setiap pertemuan mata pelajaran bahasa Inggris, guru pengasuh mata pelajaran tersebut menyuruh siswa-siswanya untuk menghafalkan di depan kelas. Hal ini akan efektif jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.  

5.       Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris
Untuk meningkatkan kemampuan mendengar, maka siswa-siswi harus dilatih dan dibiasakan mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris. Setelah mendengarkan lagu-lagu tersebut, selanjutnya siswa-siswi diminta untuk menyanyikannya di dalam kelas. Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai tugas individu agar siswa-siswa termotivasi untuk melakukannya. Selain mendengarkan lagu, juga bisa mendengarkan radio dan berita dalam bahasa Inggris
Hal inilah yang sering dilakukan oleh guru-guru pengasuh mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA N 1 Ngga Ori Angu untuk meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam belajar bahasa Inggis. Semoga dengan cara-cara tersebut bisa menjadi referensi tambahan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam mengajarkan mata pelajaran Bahasa Inggris di setiap sekolah-sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar