Tips Mengatasi
Kendala Belajar Bahasa Inggris
Bagi
Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Nggaha Ori Angu
Oleh:
Enos K. Ndaha Nggongu, S.Pd
Smarapradhipa
(2005) menyatakan bahwa Bahasa adalan alat komunikasi antara anggota masyarakat
berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Dengan demikian bahasa
merupakan alat komunikasi yang dipakai manusia dalam berinteraksi dengan orang
lain. Ada berbagai macam bahasa di dunia, diantarana Bahasa Indonesia, Bahasa
Inggris, Bahasa Cina, Bahasa Jepang, dll. Bahkan untuk Indonesia, hampir setiap
syukur memiliki bahasanya masing-masing, diantarana Bahasa Sunda, Bahasa
Melayu, Bahasa Sumba, Bahasa Kupang, Bahasa Jawa dll. Bahasa Inggris contoh
merupakan bahasa global/bahasa Internasional saat ini. Sama seperti Bahasa
Indonesia yang merupakan bahasa pengantar yang mempersatukan seluruh masyarakat
Indonesia, demikian pula Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang
wajib dikuasai oleh setiap orang yang ingin berkomunikasi dengan orang luar
negaranya.
Sehubungan
dengan hal tersebut, maka Bahasa Inggris sudah menjadi salah satu Mata
Pelajaran wajib yang harus dipelajari di setiap tingkat pendidikan di
Indonesia, khususnya SMP dan SMA. Bahkan Bahasa Inggris sudah merupakan salah
satu Mata Pelajaran Prasyarat kelulusan bagi siswa-siswa SMA jika ingin lulus.
Kendati
demikian, karena bahasa Inggis merupakan bahasa Asing, maka siswa-siswi di
sekolah banyak mengalami kendala dalam belajar bahasa Inggis. Terutama dalam
menguasai kosa kata dan membentuknya dalam kalimat.
Demikian pula siswa-siswi
SMA Negeri 1 Nggaha Ori Angu, sebagai salah satu sekolah di Kabupaten Sumba
Timur, banyak mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Hal ini pula
sangat menyulitkan guru-guru Bahasa Inggris dalam memberikan pelajaran ini.
Sulitnya siswa-siswi menguasai kosa kata dan menyusunnya dalam kalimat
merupakan kendala utama dalam mengikuti pelajaran ini.
Kesulitan ini
pulalah yang membuat guru-guru bahasa Inggris di SMA N 1 Nggaha Ori Angu untuk
mencoba berbagai cara agar membuat siswa-siswanya dapat memahami kosa kata
dalam bahasa Inggris, bahkan bisa lancar dalam berkomunikasi. Berikut ini
beberapa cara yang dipakai oleh guru-guru bahasa Inggris di SMA N 1 Nggaha Ori
Angu:
1. Suka
dan Mencintai Bahasa Inggris.
Hal paling pertama adalah menyukai dan mencintai Mata Pelajaran Bahasa Inggris
tersebut. Siswa akan mengalami berbagai kendalam dalam belajar bahasa Inggris
jika diawali dengan ketidaksukaan akan pelajaran ini. Ini pula lah yang terjadi
di SMA N 1 Nggaha Ori Angu. Hampir kebanyakan siswa tidak menyukai Pelajaran
ini dan ditambah lagi dengan ketidaksukaan kepada guru yang mengajarkan
pelajaran ini. Hal lain pula adalah siswa-siswi belum mengetahui apa pentingnya
belajar Bahasa Inggris. Sehingga solusi yang dipakai oleh para guru adalah
membuat Pelajaran Bahasa Inggris dapat disukai dalam kelas, contohnya membuat
pelajaran itu lebih menyenangkan bagi mereka melalui permainan yang melatih
siswa-siswi bisa mengingat kosa kota baru.
2. Baca
tulisan Bahasa Inggris
Seperti kita ketahui bahwa Bahasa terdiri dari dua bentuk, yaitu dalam bentuk
Tulisan (Written: reading and writing) dan dalam bentuk Lisan (Oral: listening
and speaking). Oleh karena itu, cara mudah mempelajari bahasa Inggris
berikutnya adalah dalam bentuk tulisan (Written). Dalam bagian ini, siswa harus
ranjin membaca berbagai tulisan dalam bahasa Inggris. Hal ini akan memudahkan
mereka dalam memahami berbagai kosa kata baru serta penggunaanya dalam kalimat
yang tepat. Ketika siswa-siswi menemukan berbagai kosa kata di dalamnya, dengan
sendirinya mereka akan menemukan artinya dalam kamus atau dapat bertanya
langsung kepada guru pengasuh mata pelajaran tersebut.
Namun membangkitkan minat baca siswa-siswi pun tidak gampang. Sehingga
dalam hal ini, para guru pengasuh harus dapat menemukan langkah-langkah yang
tepat agar siswa-siswi tersebut senang membaca tulisan dalam bentuk bahasa
inggris. Diantaranya menghadirkan cerita-cerita dongeng sampai cerita-cerita
lucu dalam bentuk bahasa Inggris yang dapat memberikan kesenangan tersendiri
bagi mereka, sehingga disamping mereka belajar akan kosa kata baru, mereka juga
tehibur.
3. Menggunakan
Bahasa Inggris ketika berbicara dengan teman atau guru di lingkungan sekolah
Selain dalam bentuk tulisan atau bacaan, hal yang penting lainnya
adalah bahawa bahasa itu harus dipakai dalam percakapan sehari-hari. Ini adalah
cara yang mudah bagi siswa-siswi untuk mengingat setiap kosa kata baru dengan
cara dipakai dalam pembicaraan sehari-hari. Sehingga langkah yang sering
dipakai oleh guru-guru pengasuh Mata Pelajaran ini adalah dengan menyuruh
siswa-siswa menggunakan bahasa Inggris ketika bebicaran dengan teman, dan lebih
lagi ketika berbicara dengan guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Sebagai contoh
ketika siswa mau meminjam buku atau bolpoint pada temannya harus menggunakan ungkapan
dalam bahasa Inggris. Contoh lain adalah ketika siswa membutuhkan sesuatu atau
ada hal yang ditanyakan kepada guru bahasa Inggris maka harus menggunakan
bahasa Inggris.
4. Membuat
Catatan
Cara lain agar dapat mengingat kosa kata dalam bahasa Inggris adalah
dengan cara membuat catatan-catatan kecil atau daftar kosa kata baru dalam buku
catatan. Setelah membuat catatan-catatan tersebut, kemudian ditempelkan di
dinding-dinding kamar. Selain itu juga bisa menuliskan nama-nama barang dalam
bahasa Inggris di secarik kertas dan ditempelkan disetiap barang yang ada dalam
sekitar rumah. Siswa dapat memulai menghafal 5 – 10 kata setiap hari. Kemudian
di setiap pertemuan mata pelajaran bahasa Inggris, guru pengasuh mata pelajaran
tersebut menyuruh siswa-siswanya untuk menghafalkan di depan kelas. Hal ini
akan efektif jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.
5. Mendengarkan
Lagu Bahasa Inggris
Untuk meningkatkan kemampuan mendengar, maka siswa-siswi harus dilatih
dan dibiasakan mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris. Setelah mendengarkan
lagu-lagu tersebut, selanjutnya siswa-siswi diminta untuk menyanyikannya di
dalam kelas. Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai tugas individu agar
siswa-siswa termotivasi untuk melakukannya. Selain mendengarkan lagu, juga bisa
mendengarkan radio dan berita dalam bahasa Inggris
Hal inilah
yang sering dilakukan oleh guru-guru pengasuh mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA
N 1 Ngga Ori Angu untuk meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam belajar bahasa
Inggis. Semoga dengan cara-cara tersebut bisa menjadi referensi tambahan bagi
guru-guru bahasa Inggris dalam mengajarkan mata pelajaran Bahasa Inggris di
setiap sekolah-sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar